Mengenal Sablon Manual

Mengenal Sablon Manual

Dalam dunia percetakan ada begitu banyak macam dan perbedaan, dalam hal ini saya akan membahas mengenai sablon manual, kenapa disebut manual, karena menggunakan tahapan-tahapan yang secara mandiri atau tanpa mesin untuk menyelesaikan semua hal itu, beda jika menggunakan mesen dalam percetakan sering disebut sebagai offset.

Sablon mempunyai banyak jenis dan karakter, dapat diaplikasikan diberbagai macam media, dari bahan kaos sampai yang bertektur keras seperti kayu, besi, dll. Untuk melakukan hal ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui, namun sebelum tahapan anda lalui, pastikan anda sudah mempunyai alat alat sablon, seperti:




+ Cat/Obat sablon

+ Lampu penyinaran/meja afdruk (dapat dilakukan dengan penyinaran dari matahari)

+ Papan sablon

+ Lem papan

+ Hot Gun/Hairdryer

+ Press (optional)

Paling tidak anda harus memiliki alat tersebut diatas, untuk hotgun tidak dimiliki tidak jadi masalah, namun disarankan untuk memiliki karena untuk mematangkan pengeringan. Pada tahapan selanjutnya untuk pengaturan gambar pada secreen sablon agar dapat diaplikasikan ke bahan yang mau disablon.

Tahapan-tahapan tersebut mencakup


+ Setting gambar untuk di print dikertas Hvs atau kalkir

+ Afdruk secreen sablon yang mau digunakan untuk aplikasikan gambar

+ Keringkan afdrukan screen sablon

+ Penempatan/pemasangan kertas hasil print ke screen sablon

+ Baluri kertas tersebut dengan minyak/solar

+ penyinaran untuk menghasilkan hasil screen sablon seperti pada gambar kertas

+ Penyemprotan screen sablon

+Keringkan screen sablon

Diatas merupakan tahapan dengan mode standart atau yang biasa digunakan, namun akan berbeda tahapan jika diaplikasikan/sablon yang berbeda (perbedaan hanya pada saat proses sablon di media yang diaplikasikan saja). Untuk lebih jelasnya saya akan membahas dilain waktu mengenai hal-hal diatas, paling tidak ini dapat memberi sedikit pandangan untuk melakukan sablon manual.

Mengenal Sablon Manual Mengenal Sablon Manual Reviewed by creativekiller on January 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.