Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

Oke guys. Di episode kali ini saya akan membahas tentang dunia screenprinting Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya. Sebenarnya hal ini sangat lumrah/umum dihadapan para sabloner sekalian, namun kadang pemula belum mengetahui hal ini dan bertanya Tanya apa sih itu rakel?, seperti yang saya alami saat pertama terjun di sector kaos/sablonan ini.

Rakel merupakan alat sablon yang digunakan untuk menyeret sekaligus menekan cat sablon agar keluar dari kain secreen pada saat produksi kaos. Pada umumnya cat akan keluar dengan bantuan si Rakel tersebut untuk melewati pori-pori kain screen sablon, dengan jenis-jenis rakel ini lah yang akan mempengaruhi keluarnya cat sablon pada media kain, entah itu nanti jadi tebal atau tipis, tapi pada dasarnya menurut saya penggunaannya sama tergantung yang mengaplikasinya, karena beda orang yang menyablon beda juga hasilnya.

Mengenai jenis-jenis tersebut, silahkan untuk dibaca dan dipahami seksama, barangkali ada yang kurang atau salah agan-agan dapat menambahkan lewat kolom komentar. Jenis-jenis tersebut adalah:

+ Rakel lancip : Media pengantar sablon yang membantu untuk mengeluarkan cat sablon dari kain screen sablon dengan bentuk rakel segitiga pada ujungnya. Untuk menggunakannya agan-agan dianjurkan untuk menggunakan dengan sudut derajat 35-45 saja atau tegak lurus (dapat digunakan untuk cat sablon yang berbasis air ataupun minyak). Menurut saya rakel jenis seperti ini yang paling gampang untuk membantu keluarnya cat sablon melalui kain screen sablon, sehingga kadang kala hasilnya bisa terlalu tebal (Mungkin karena saya Newbie, gak cocok pake lancip :D), tapi ya kembali lagi kepada pengguna. 

Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

+ Rakel Kotak : Media pengantar/pembantu untuk mengeluarkan cat sablon dari kain screen sablon, jenis ini berbentuk kotak atau balok. Untuk menggunakan jenis ini dianjurkan untuk menggunakan dengan sudut 20-45 derajat, hal itu akan mempengaruhi hasil sablon yang pastinya dengan tekanan yang setabil. Rakel jenis ini juga lebih baik untuk digunakan di cat sablon yang berbasi minyak(solvent base). Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan jenis ini lebih baik dari yang versi atas.

Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

+ Rakel Lancip (satu sisi) : Media pengantar sablon yang membantu untuk mengeluarkan cat sablon dari kain screen sablon dengan bentuk rakel lancip pada sisi bagian. Rakel jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak sablon yang menggunakan alat mesin, jadi mesin yang bergerak untuk mengerjekan. Kenapa lancip satu sisi, karena umumnya mesin berjalan dengan satu sisi saja.

Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

+ Rakel Lancip (bagian bawah tumpul/datar) : Media penghantar sama dengan yang diatas, cuman ini biasanya digunakan untuk di bahan alus-alus seperti kain parasut atau pun juga bisa untuk keramik. Padahal menggunakan jenis yang kotak dan lancip seperti diatas juga bisa gan, jadi intinya samimawon(sama saja).

Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya

Oiya perlu diperhatikan juga untuk penggunaan rakel dengan tinta berbasis air dan jika ingin digunakan saat menggunakan cat basisnya minyak hasilnya kurang maksimal, kenapa demikian? Karena karet rakel untuk basis air kekerasan pada karet tersebut kurang kerang sedangan cat sablon basis minyak mempunyai tektur yang kenyal alot :P (tekturnya padet dan lebih berat saat di gesut). Maka dari itu lebih baik beli yang kekerasanya 85 keatas bisa digunakan di cat basis air maupun minyak, dan lebih irit tentunya karena belinya hanya satu macem :D

Sekian pembahasan mengenai rakel dan fungsinya, jika ada kesalahan atau kurang silahkan untuk komen di kolom komentar, karena kita disini belajar bersama, entah itu master kah, mbah master atau apalah tidak pengaruh disini, karena disini kita belajar bersama dan berbagi bersama…oke gan.

Semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk penerapan lapangan. Sekian sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam sukses.
Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya Jenis Rakel Sablon dan Fungsinya Reviewed by creativekiller on May 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.