Tips Afdruk Screen Sablon Agar Tidak Gagal atau Rontok

Tips Afdruk Screen Sablon Agar Tidak Gagal atau Rontok

Membahas tentang sablon manual tentu ada bebrapa step atau proses untuk lanjut ke produksi masal, dalam hal ini saya akan membahas mengenai pemfileman screen sablon lanjutan dari materi awal (Tentang Sablon Manual/Screenprinting). Hal ini sengaja saya bahas di sini dikarenakan masih banyak yang mengalami ketika afdruk screen tidak sempurna atau rontok saat setting film sablon.

Sebenarnya sudah beredar banyak merek yang dapat ditemui dipasaran saat ini, diantaranya ada Photosol, Bremol, Diasol, Ulano, dan masih banyak lainya termasuk yang merek local pun sudah banyak beredar dan kualitasnya tidak kalah dengan yang sudah dewa-dewa.

Emulsi ini digunakan ketika anda mau melakukan setting gambar/film pada screen sablon, bahan ini memiliki dua botol ketika anda membelinya, botol besar emulsi dan yang kecil sebagai penguat (sensitizer), nah agar tidak menglami kegagalan saat proses emulsi (afdruk screen), ada beberapa cara yang mudah sebenarnya untuk diterapkan tanpa harus mengikuti perhitungan % dari tiap pabrikan.

Cara yang paling sederhana dan mudah ini adalah:

+ tuangkan emulsi yang ingin anda gunakan kedalam tempat terpisah(secukupnya sesuai kebutuhan teman-teman).

+ ambil sensitizernya(botol kecil dengan cairan warna oren), kemudian tuangkan cairan tersebut kedalam emulsi yang sudah di pisahkan tadi sedikit sedikit(pemula) dan aduk sampai merata. 

Jika warna dasar dari emulsi sudah berubah naik menjadi gelam satu tingkatan dari yang aslinya, maka itu sudah cukup dan bisa untuk digunakan, tapi lebih baik lagi jika dua kali lebih gelap dari warna asalanya. Hal ini yang saya lakukan dan sudah diterapkan terbukti sukses dalam proses afdruk sablon. Jika masih bingung bisa di lihat illustrasi dibawah ini.

Tips Afdruk Screen Sablon Agar Tidak Gagal atau Rontok

Semoga mudah dipahami dan bermanfaat, jika ada pertanya atau masih bingung silahkan untuk menggunakan kolom komentar untuk diskusi.
Tips Afdruk Screen Sablon Agar Tidak Gagal atau Rontok Tips Afdruk Screen Sablon Agar Tidak Gagal atau Rontok Reviewed by creativekiller on May 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.