Fungsi Shape Tool

Fungsi Shape Tool

Setelah kemarin membahas hal yang tidak tabu/samar lagi mengenai (Fungsi Pick Tool), untuk saat ini tak jauh berbeda dengan bahasan sebelumnya, karena disini akan membahas dari hal yang kecil dan sering kita gunakan sehari-hari sampe tool yang mungkin jarang kita gunakan sekalipun. Kenapa ko membahas hal-hal tersebut? Hal ini dibahas agar di antara kita yang belum mengetahui mengenai hal pengetahuan tersebut akan memahami dan mulai mengerti.

Dalam segmen ini saya akan membahas tool yang mungkin ini sangat membantu dan sering kita gunakan sehari-hari tatkala mengoprasikan CorelDraw. Apakah tool tersebut? Yaitu Shape Tool pada Corel Draw yang terletak pada toolbox tepat dibawah urutan pick tool.

Apa fungsi dari shape tool?
Fungsi Shape Tool

Fungsi dari tool tersebut tidak banyak namun sangat berarti dalam membantu kita saat membut objek/elemen dari projek yang kita buat.

  • Yang pertama adalah Shape Tool dapat merubah objek, titik-titik objek kurva dari titik-titik node yang ada pada objek itu sendiri. Contohnya:

Fungsi Shape Tool

Pada gambar diatas, arahkan kursor anda terlebih dulu ke Shape Tool yang ada di toolbox, kemudian tool tersebut siap untuk digunakan. Setelah itu klik pada objek yang ingin anda rubah seperti gambar dibawah ini, maka akan terlihat node di setiap sudut objek.

Fungsi Shape Tool

Setelah terlihat node pada objek tersebut, anda dapat melakukan klik pada titik yang anda ingin ubah dan tarik ke arah yang anda inginkan, seperti contoh diatas dengan sudut titik node yang telah di ubah dengan ditarik ke area dalam.
  • Kedua adalah Shape Tool dapat mengatur atau memanipulasi jarak antara text dengan mengatur titik-titik node pada text, dan dapat pula merubah karakter text apabila text tersebut sudah di convert ke bentuk objek. Contohnya:
Fungsi Shape Tool

Gambar text diatas adalah contoh manipulasi text sebelum dicovert ke dalam objek dengan memili node di setiap font yang terletak di bawah. Disini anda hanya dapat memanipulasi jarak text dari horizontal (kanan-kiri), ataupun jarak text vertical (atas-bawah). Dan hasil terlihat seperti contoh gambar dibawah ini dengan menarik tanda bagian kanan(ke depan/ke belakang) yang di garis bawahi.

Fungsi Shape Tool
Fungsi Shape Tool

Jika text telah dikonvert ke objek, maka anda dapat memanipulasi node lebih banyak lagi dari text yang belum di convert ke objek. Sebagai contoh anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Fungsi Shape Tool

Gambar text di atas telah di convert ke objek dan alhasil lebih banyak node yang terlihat dari text tersebut. Hal itu memudahkan anda jika ingin merubah bentuk font bawaan yang asli. Contohnya seperti gambar dibawah ini dengan menrik node bagian bawah K dan A.

Fungsi Shape Tool

Semua tulisan ini bedarsarkan yang sudah saya alami sendiri dan saya gunakan setiap mengoprasikan CorelDraw, jika kalian mempunyai hal yang berbeda silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Itulah fungsi dari Shape Tool yang ada pada CorelDraw, semoga bisa membantu bagi yang sudah tahu dan terlebih untuk yang belum mengetahui hal ini. Jangan lupa jika ada kurang atau salah silahkan untuk tulis komen dibawah. Ada pertanyaan jangan malu/ragu untuk meninggalkan komen di bawah. Disini kita belajar bersama ya guys :)

Fungsi Shape Tool Fungsi Shape Tool Reviewed by creativekiller on February 08, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.